Cara Mudah Membuat Sticker Whatsapp Sendiri



Hallo teman-teman... Jumpa lagi dengan dea.. eh salah "aku" maksudnya. Aku? Siapa aku? Di mana aku? (Skip.. abaikan ketidak jelasan ini. Cukup roma!) Aku mau cerita awal mulanya dulu ya..

jadi bebrapa waktu lalu aku chattingan dengan beberapa teman di whatsapp kemudian mereka mengirimi gambar sticker yang aneh-aneh dan lucu-lucu. Awalnya aku sempet biasa aja terus sempet mikir "yaelah ini mah kaya line" sampai pada akhirnya aku lihat ada sticker yang membuat aku tertarik untuk menggunakannya dan aku download di app store.

Stikernya adalah gambar item-item yang ada di PUBG. Itulah awal mula aku menggunakan sticker di whatsapp. Kemudian aku uninstall karena aku sudah mulai bosan (maklum aku orangnya bosanan. Duh ga ada yg nanya juga sih ya).

Oke lanjut, dan kemudian beberapa waktu berlalu temanku sebut saja Rima Cutbray mengirimi sticker tentang dirinya, maksudnya gambarnya itu foto-foto dia kemudian menjadi sticker gitu. Faham ga? Faham ya mudah-mudahan, aku berharap sih kalian paham dan mengerti.

Lalu akupun langsung bertanya ke dia "Rim kok bisa sih? Ih keren, ini gimana? Gua mau!! Ini gimana caranya?". Lalu rima pun menjawab "ada di playstore aduh gua lupa apa namanya, gua dibikinin tmn gua". Oke baiklah.... Akhirnya akupun berusaha mencari2. Tapi tidak ketemu dan sudah ku instal beberapa aplikasi tapi sulit sekali cara mengaplikasikannya.

Akhirnya aku menyerah dan balik lagi ke awal, tidak memakai sticker-stickeran. (Btw kejadian tersebut terjadi sudah beberapa bulan yang lalu) Next.. beberapa hari yang lalu bebebku mengirimi beberapa sticker dan aku ingin membalasnya dengan sticker tapi aku malas untuk mendownload aplikasi sticker banyak-banyak karena takutnya membuat penuh memori smartphoneku. Dan aku cari-cari lagi cara membuat sticker sendiri tapi tidak ada.

Akhirnya aku cek di playstore dengan kata kunci "sticker maker" dan ketemu lah beberapa pilihan aplikasi. Jujur serius aku bingung pada saat itu harus pilih yang mana karena banyak sekali opsinya. Hingga akhirnya aku dapat menggunakannya dan membuat kreativitas tanpa batas. Oke langsung saja ya langkah-langkahnya:


  1. Kalian install dulu aplikasi sticker seperti gambar yang di bawah ini (cari di playstore) dengan kata kunci "sticker maker" dan nanti akan muncul beberapa pilihan. yang harus kalian pilih adalah Wemoji - Whatsapp Sticker Maker lalu kalian langsun saja install aplikasi tersebut.
     
  2. setelah kalian install langsung saja kalian buka dan buata sticker sesuka hati kalian dengan gambar-gambar lucu yang kalian miliki. ikutin panduannya ya. kalian pilih create sticker.
     
  3. pilih icon tambah, untuk menambahkan foto yang kalian akan jadikan bahan untuk stciker.
     
  4. kemudian pilih galeri. kenapa galeri, karena menurutku ini agar lebih memudahkan pencarian saja dan lebih simple. dan kalian pilih foto atau gambar yang ingin dipakai.
     
  5. setelah kalian pilih gambarnya, kemudian tarik atau sesuaikan tampilan gambarnya. setelah dirasa sudah pas dengan frame sisi kanan,kiri, atas dan bawah. kalian bisa langsung klik crop pada bagian pojok kanan atas.
     
  6. kemudian, kalian pilih cut di tengah bawah lalu kalian gariskan pinggiran gambar yang akan dijadikan sebagai sticker dengan cara menekan dari titik putih sampai bertemu lagi dititik putih awal dengan cara menekan dan membawa titik atau garis putih terputusnya seperti contoh pada gambar. setelah dirasa sudah pas maka kalian langsung saja klik crop.
     
  7. setelah itu kalian bisa atur tingkat keburaman tepian gambar. bisa di geser ke kanan tombol hijaunya jika ingin meningkatkan atau ke kiri untuk mengurangi keburaman. setelah selesai maka tinggal kalian save saja.
     
  8. kemudian kalian atur lagi gambarnya. klik dan tahan tanda panah yang berputar lalu arahkan untuk memperbesar gambar. jika kalian sudah selesai dan ingin sticker gambar polos bisa langsung save saja. tapi jika kalian ingin menambahkan tulisan, bisa kalian klik icon text di tengah bawah bagian pertama dari kanan.
     
  9. tulis tulisan yang kalian inginkan sesuka hati. dan kalian tinggal cari saja font atau jenis huruf yang kalian inginkan tinggal pilih dan klik salah satu yang ada di bawah. kalau aku pakai yang Architects Daughte... oh iya kalian juga dapat mengatur warna bahkan paragrafnya sesuka hati kalian. tinggal atur di kotak yang tersedia dan pilih sesuka hati kalian. setelah selesai maka kalian pilih ceklis hijau yang ada di pojok kanan atas.
     
  10. atur gambar dengan menahan tanda panah yang berputar klik dan arahkan text yang telah kalian buat. setelah selesai makan klik save yang ada di bagian pojok kanan atas. ketika ada pertanyaan "Save Image?" kalian klik saja "Yes".
     
  11. lalu klik icon tambah.
     
  12. lalu tulis sesuai yang ada digambar. kalian isi sesuai dengan keterangan. kemudain klik save.
     
  13. kalau aku aku kasih nama stickernya meong dan nama pembuat stickernya aku suka-suka aja terserah apa. lalu kalian pilih nama sticker yang tadi kalian buat. langsung klik.
     

  14. nanti otomatis akan ada pertanyaan "Anda ingin menambah meong ke WhatsApp?" maka langsung saja klit tambah.
     
  15. setelah itu kalian bisa buka whatsapp kalian dan buka di papan percakapan. klik icon seperti kertas yang terlipat berada di bawah.
     
  16. klik sticker yang telah kalian buat. pilih. karena tadi kalian baru saja membuat maka hanya ada satu sticker. nanti ketika kalian sudah sering membuat dan menyimpan maka akan ada banyak sticker yang harus di pilih. hehe

sekian tutorial atau cara yang aku berikan. semoga tips dan triknya bermanfaat ya. selamat berkreasi teman-teman! ayo terapkan motto hidup Banyak Berkreasi Sedikit Berbicara agar supaya tidak tongkosong nyaring bunyikan, dan agar kegiatan yang kita lakukan bermanfaat ya teman-teman. tapi ingat jangan sampai kalian sibuk membuat sticker tanpa melakukan kegiatan atau tugas-tugas wajib lainnya. kalo kalian seperti itu, aku marah loooohh! ini hanya untuk senang-senang saja tapi jangan lupakan kewajiban kalian sebagai manusia ya. bye👋😄

Comments